Computer Engineering [Part 1]

Green electronic board illuminated from bottom

Green electronic board illuminated from bottom

Teknik Komputer atau yang disebut Computer Engineering adalah sebuah Teknik yang membahas tentang seluk beluk dan segala sesuatunya tentang dunia komputasi, dimulai dari fisika quantum bagaimana elektron dapat mengalir dari positif ke negatif dan proses nya, sehingga listrik low voltage mikro elektronika dapat mengalir melalui melalui input ke output. setelah itu bagaimana prinsip bahan semi-konduktor bekerja sampai ke tingkat kompleksitasnya mencapai ribuan/jutaan transistor bekerja menyimpan “1” yang dikenal sebagai “hidup” dalam sistim boolean.

setelah menjadi sebuah circuit maka mikro elektronika tersebut berfungsi sesuai dengan kegunaannya yang beragam dengan teori-teori electronic system yang telah dipelajari oleh manusia. perangkat-perangkat keras yang dihasilkan oleh mikroelektronika akhirnya menjadi sebuah perangkat yang dapat digunakan sebagai perangkat utama dan perangkat pendukung untuk hasil yang diinginkan. [dalam bab ini, setelah mikro elektronika dibuat, maka harus di uji dan menghasilkan keterujian sistim digital yang dibahas pada mata kuliah khusus Program Pascasarjana Teknik Komputer, sehingga perangkat yang didesign oleh mahasiswa Program pascasarjana harus diuji dan menghasilkan keterujian 100%]

setelah bahan semikonduktor diolah menjadi sebuah perangkat maka lahirnya sebuah dunia baru yang disebut dengan Arsitektur Sistim Komputer [arsikom], Arsitektur Sistim Komputer ini mengatur dan menjelaskan bagaimana perangkat-perangkat tersebut befungsi dengan bahasa nya, mulai dari bahasa low level sampai dengan high level language, serta bagaimana proses bagian-bagian perangkat komputer tersebut bekerja sehingga dapat di teliti oleh manusia untuk menyempurnakan arsitektur yang telah ada, pada bab ini dibahas bagaimana cache itu, memory, prosesor, bagaimana sistim Aritmethic Logic Unit [ALU] bekerja dengan memory yang ada, serta jenis-jenis memory, Teori ini dibahas pada mata kuliah Arsitektur Sistim Komputer I, II serta *Lanjut [pada program pascasarjana Teknik Komputer]

setelah Arsitektur Sistim Komputer bekerja maka perlu dibahas juga mengenai sebuah teori komputasi yang disebut Mesin Sekuential, yaitu sebuah mesin yang menghasilkan sebuah automata, sebuah Finite Automata adalah sebuah mesin yang dibuat untuk mengenali pola dari input dari sebuah karakter, tugas dari sebuah FA adalah untuk menerima atau menolak input berdasarkan pola yang telah ditentukan oleh FA yang terjadi di input.

Setelah teori mesin sekuential di pelajari, selanjutnya adalah bagaimana cara memerintahkan perangkat-perangkat ini dapat bekerja sesuai dengan yang manusia inginkan melalui sebuah bahasa komputasi, yang disebut bahasa High level language, : C, C++, Ruby, Python, C# dan lain-lain segala macam jenis turunannnya. dalam artian semua jenis bahasa tersebut dibuat untuk fungsi dan kegunaan tertentu yang mendekati dengan hasil yang diinginkan. disinilah letak “magic” dari sistim komputasi ini. manusia di belahan dunia timur dapat berbicara, melihat video dan bercakap-cakap dengan manusia di belahan dunia barat melalui sebuah inovasi teknologi atas sistim boolean.

sekian dulu Part 1 dari bagian ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s